Anggota Baru Saka Wanabakti Kwarcab Bantul Dilantik di Hutan Pinus Asri Mangunan

BANTUL -- Anggota baru Saka Wanabakti Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bantul dilantik dalam rangkaian kegiatan selama dua hari, Sabtu-Minggu (3-4 Oktober 2020) di Hutan Pinus Asri Mangunan, Bantul.

Diikuti oleh 15 peserta, pelaksanaan kegiatan pelantikan didampingi oleh Dewan Saka Wanabakti dan dalam pengawasan instruktur serta pamong saka.

Sebelum dilantik, para peserta melakukan penjelajahan sejauh 7 Km dari Lapangan SD Pucung Wukirsari sampai ke Hutan Pinus Asri Mangunan. Penjelajahan tersebut mengimplementasikan materi Ilmu Medan dan Peta Kompas yang sudah dipelajari sebelumnya.

"Peserta juga mendapatkan materi tentang cinta alam, mental, dan kerohanian di sepanjang perjalanan. Kemudian di akhiri dengan upacara pelantikan," ujar Subhan, Ketua Dewan Saka Wanabakti.

Diketahui bahwa kegiatan tersebut dibuka oleh Pimpinan Saka Wanabakti Kwarcab Bantul, Kak Wajudi, S.Hut yang merupakan perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Yogyakarta.

Kak Wajudi berpesan kepada peserta untuk selalu menjadi pelopor dalam kegiatan konservasi dan dapat menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat di Kabupaten Bantul dan sekitarnya.

Hal tersebut tertuang pula dalam materi Krida Reksa Wana yang meliputi konservasi kawasan, konservasi jenis satwa, hingga konservasi jenis tumbuhan. (cst)

Posting Komentar

0 Komentar