Persami Sako SPN Cabang Bantul 2016

Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) Cabang Bantul melaksanakan kegiatan Pramuka di luar kegiatan sekolah. Kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa cinta kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Persami Sako SPN diikuti oleh 26 Gudep se-Kabupaten Bantul, di mana setiap Gudep terdiri dari 10 anggota penegak dan 2 anggota penggalang sebagai pendamping. Persami yang dilaksanakan mulai tanggal 17–18 September 2016 di Bumi Perkemahan Dewa Ruci, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul ini mendapat antusias dari peserta meskipun cuaca mendung saat itu. Dewi, salah satu peserta dari Gudep Fatimah menuturkan acaranya sangat asyik dan menyenangkan, melatih untuk selalu mandiri, kompak dan kerjasama yang baik.

Turut hadir Sarjito, mewakili Ketua KWARCAB Bantul yang berkesempatan pula untuk membukan kegiatan Persami Sako SPN. Melalui mottonya “Pramuka Indonesia Keren, Gembira dan Asik” kegiatan Persami diisi dengan sosialisasi bahaya Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lain) dari Dinas Sosial Kabupaten Bantul, api unggun, bersih pantai, game dan pucaknya adalah penanaman 400 bibit pohon kurma. Kegiatan yang paling mendapat antusias dari peserta adalah wide games.

Wide games adalah kumpulan beberapa lomba yang dilakukan di lima pos yang tersebar di kawasan bumi perkemahan. Dalam game-game tersebut anak-anak belajar untuk saling rukun, kompak dan kerjasama yang baik dalam menyelesaikan game.

“Diharapkan dari kegiatan Persami Sako SPN ini dapat meningkatkan kemandirian dan semangat kekeluargaan” ungkap Alek Rahmad salah satu orang tua peserta. Di tempat yang sama, panitia Persami Sako SPN, Dawud Setyanto menyampaikan bahwa acara ini sangat luar biasa dan meriah, semua peserta antusias dan bersemangat mengikuti setiap rangkaian acara meskipun cuaca tidak mendukung. “Alhamdulillah acara puncak berjalan dengan lancar,” tambah Dawud.

Pramuka sebagai wahana pengabdian kepada bangsa dan negara melalui pengamalan satya dan dharma pramuka merupakan tujuan utama diadakannya Persami Sako SPN Cabang Bantul.

Sumber : LDII.or.id

Posting Komentar

0 Komentar